Minggu, 06 Desember 2015

TAMAN VERTIKAL INDONESIA ADALAH

TAMAN VERTIKAL DI INDONESIA MULAI MENJADI BAGIAN DARI TREN GAYA HIDUP MASA KINI.



Taman vertikal adalah taman yang dibuat secara vertikal dengan memanfaatkan ruang tanam berbentuk taman vertikal atau dinding menjadi taman tanaman dinding. Dengan luas lahan hunian yang terbatas tenyata konsep taman vertikal adalah bukan hal  menjadi penghalang dalam  menciptakan area hijau sehingga memanfaatkan konsep taman vertikal adalah  menciptakan hunian tampak asri dan nyaman. Memaksimalkan area sempit menjadikan taman vertikal di rumah ternyata dapat disiasati dengan gaya TAMAN VERTIKAL INDONESIA. Maksudnya dengan tanaman merambat dinding  dari jenis tanaman dinding yang cocok tumbuh di Indonesia Untuk itu dalam pengaplikasiannya tanaman  dinding  yang minimalis dan tanaman  merambat dinding serta tanaman hias di dinding semuanya dari tanaman yang hidup di iklim tropis seperti Indonesia.


Taman Vertikal di Indonesia
Fungsi  dari  taman vertikal di Indonesia saat ini amatlah penting  bukan saja hanya mengisi ruang kosong melainkan mengurangi tingkat polusi udara khususnya untuk keberadaan Taman
Nasional  di Indonesia yang semakin hari semakin berkurang di tambah tingkat kebakaran hutan di Indonesia tahun 2015  tercatat sangat tinggi yang cukup merepotkan pemerintahan Jokowi serta menjadi catatan penting bagi dunia bahwa Indonesia menjadi pengekport asap.


 Jasa pembuatan website murah

Video Taman Vertikal Jakarta Indonesia

Taman vertikal  sangat penting keberadaanya  dalam sebuah gedung atau  hunian, mengingat Indonesia adalah negara Tropis yang memiliki musim panas yang panjang . Kebutuhan akan  taman vertikal di Indonesia  yang  berfungsi untuk menyaring debu dan juga menghadirkan taman vertikal garden akan   memberikan sirkulasi udara yang segar bagi penduduk perkotaan yang makin berkurangnya areal hijaunya seperti di Jakarta yang polusinya sudah sangat parah dikarenakan makin sedikit ruang terbuka hijau. Oleh karena itu kini berbagai cara dilakukan untuk menghadirkan taman vertikal di Indonesia khususnya di kota kota besar seperti taman vertikal Indonesai di Jakarta  diareal yang sangat sempit dan terbatas serta sudut sudut kota yang tata kelola ruang hijau nya sudah semakin sedikit  terlihat penampilan dari taman vertikal Indonesia.  .

taman vertikal
Patrick  Blanc = Taman Vertikal 
Keberadaan Taman vertikal di Indonesia  atau taman vertikal garden di Indonesia tidak luput dari seorang penggagas taman vertikal garden  yang diperkenalkan pertama kali 1994 oleh Patrick Blanc warga negara Perancis. Blanc berpendapat bahwa pada taman vertikal atau vertikal garden tidak semua tumbuhan membutuhkan tanah. Dengan pengaturan dan penanganan khusus  taman vertikal garden yang ada di Indonesia dapat menjelma menjadi indah dan taman vertikal garden akan  menjadi kebun disebuah bangunan. Keuntungan dari taman vertikal ini jika di terapkan di Indonesia  selain tidak membutuhkan lahan yang luas juga dapat menurunkan suhu udara sehingga mampu menyejukan areal bangunan sedangkan kelemahan taman vertikal tidak menyerap air ke dalam tanah layaknya taman horizontal.

Taman vertikal garden atau Vertikal garden di Indonesia adalah taman tanaman merambat dinding yang dibangun secara tegak lurus (vertikal). Taman vertikal garden di Indonesia ini juga sering disebut v-ga taman vertikal, green wall, vertical landscape, living wall, dan sebagainya.


Sederhananya, taman vertikal garden  berbeda dengan taman horizontal yang kita kenal selama ini, karena ditanam tanaman hias dinding secara tegak lurus atau taman vertikal dinding. Hadirnya taman vertikal Indonesia disesuaikan dengan jenis tanaman hias merambat dinding atau tanaman hias dinding dan juga dari semua jenis tanaman merambat dinding yang ada di Indonesia atau cocok hidup di iklim tropis ini.

Kelebihan taman vertikal Indonesia adalah  banyaknya koleksi dari contoh tanaman dinding Indonesia yang merupakan jenis tanaman merambat dinding yang dapat diterapkan pada model taman vertikal di Indonesia secara khusus. Dimulai dari membuat  taman vertikal murah dimana maksudnya adalah taman vertikal dengan biaya semurah mungkin sampai dengan taman vertikal garden yang akan diwujudkan melebihi dari harapan anda.

Hardirkan Taman Vertikal Dirumah anda.

Taman vertikal dirumah anda contohnya  anda dapat membuat taman vertikal sendiri taman vertikal murah tersebut walaupun berbekal sedikit kemampuan dalam bidang taman vertikal dan sedikit pengetahuan anda tentang taman vertikal garden secara khusus. Bentuk taman vertikal dirumah dan taman vertikal murah dengan  mudah dapat anda kreasikan di rumah dimana anda tinggal dalam bentuk taman vertikal sederhana atau taman vertikal rumah minimalis.  Berikut ini beberapa model taman vertikal Indonesia yang dapat atau biasa dibuat menjadi taman vertikal murah yang anda dapat terapkan pada taman vertikal dirumah yang menjadi pilihan untuk  taman vertikal murah atau taman vertikal sederhana atau  taman vertikal mini. Dalam hal ini Evry membagi membagi menjadi dalam beberapa bagian bahasan taman vertikal sederhana sebagai berikut;

1. Taman vertikal dari botol bekas

Cara membuat taman vertikal dari botol bekas. Konsep taman vertikal dari botol bekas adalah konsep taman vertikal rumah yang dapat dibuat menjadi katagori taman vertikal murah dan taman vertikal sederhana atau taman vertikal minimalis.

Apakah Anda termasuk penggemar tanaman hias dinding dan taman vertikal rumah minimalis ? Tetapi kondisi tanah dan rumah Anda terlalu sempit untuk membuat taman horizonal ? Jangan kuatir. Anda bisa membuat taman vertikal sederhana atau taman vertikal minimalis untuk mewujudkan taman vertikal murah impian Anda. Mulai sekarang, pikirkanlah bagaimana Anda akan mendesain taman vertikal minimalis sebagai tanaman penghias di dinding  rumah Anda. Jika Anda masih bingung, berikut Evry Sudharsono akan berbagi foto-foto taman vertikal murah, yang mungkin bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda, untuk mewujudkan  taman vertikal di rumah anda.

Foto taman vertikal 1
Foto taman vertikal 2
Foto taman vertikal 3
Foto taman vertikal 4
Foto taman vertikal 5

Anda tidak perlu bersusah payah membeli peralatan khusus untuk mulai membuat taman vertikal sederhana dan taman vertikal murah di rumah Anda. Mulailah dengan menggunakan barang-barang di rumah Anda, seperti membuat taman vertikal dari barang bekas, papan kayu, kain dan sebagainya. Bahan bahan ini dapat Anda manfaatkan sebagai perlengkapan utama  untuk membuat taman vertikal sederhana atau taman vertikal mini.

Buatlah papan kayu yang cukup lebar, kemudian gantungkan beberapa botol bekas air meneral atau kaleng bekas. Susunlah botol dan kaleng-kaleng tersebut agar terlihat rapi dan menarik, dan jadikan sebagai media taman vertikal pada  taman vertikal sederhana. Anda bisa menempatkan papan ini di mana saja. Untuk menambah keindahan, tambahkan beberapa tanaman hias dinding di dalam pot, dan letakkan di sekitar papan kayu. Kembangkan ide taman vertikal minimalis Anda, menyesuaikan tempat yang tersedia.

Taman vertikal dari botol bekas atau dengan papan kayu dan kaleng bekas

Anda tertarik untuk membuat pola dengan tanaman hias dinding pada taman vertikal minimalis ?.
Buatlah frame besar berbahan kayu dan tempelkan di dinding. Pilihlah tanaman hias dinding jenis lumut dan tanaman hias dinding jenis paku dan tanamkan di dalam frame taman vertikal  mini tersebut dengan pola yang Anda ingingkan.

Taman vertikal sederhana dari jenis tananaman hias dinding dari golongan lumut dan taman vertikal minimals tumbuhan paku

Membuat kantong-kantong dari kain tebal yang tidak terpakai untuk taman vertikal sederhana anda menggunakan tanaman hias dinding dengan media dari kain bekas dirumah yang tidak terpakai tentunya anda harus membuat terlebih dahulu kantong dengan mejahit terlebih dahulu untuk membuat media tanamnya serta menjadiknnya sebagai pot tanaman hias dinding. Akan menarik jika taman vertikal sederhana tersebut anda gantungkan  di pagar rumah Anda. Jadi deh taman vertikal sederhana dengan memanfaatkan barang barang bekas yang tidak terpakai dirumah anda.

foto taman vertikal dengan sistem kantong kain

Jika Anda memiliki sedikit space / area kosong, psti bisa dimanfaatkan sebagai taman vertikal sederhana. Bahkan jika area tersebut ada di dalam rumah. Pilihlah tanaman hias vertikal yang memiliki karakter tumbuh tidak terlalu lebat. Gunakan pot yang berbentuk agak pipih sehingga tidak terlalu menonjol, menghabiskan banyak ruang untuk taman vertikal sederhana anda dan mengganggu lalu lintas.

2. Taman vertikal paralon 

Anda penggemar tanaman hias vertikal dan ingin memiliki taman vertikal sederhana di lahan pekarangan yang terbatas anda tidak perlu mencari perusahaan jasa taman vertikal, Cukum anda sendiri bisa membuat  taman vertikal paralon. Dengan langkah-langkah sederhana, selain bisa mendapatkan taman vertikal murah namun terlihat hebat, Anda juga bisa menanaminya dengan berbagai tanaman untuk tamanan dinding tumbuh tumbuhan, seperti tumbuhan  obat maupun tanaman hias dinding dan  buah menjalar.

Dilansir dari instructbales, langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat taman vertikal paralon menggantung adalah dengan menyiapkan paralon. Anda bisa menggunakan paralon bekas yang sudah tidak terpakai sebagai bahan unutk membuat taman vertikal murah.

Link untuk video membuat taman vertikal paralon


Bersihkan paralon secara menyeluruh, hingga tak ada kotoran dan cat yang mengelupas. Oleskan sabun dan kocok hingga dipastikan tak ada kotoran yang menempel pada paralon. Langkah selanjutnya dalam membuat taman vertikal paralon adalah membuat rongga di sepanjang paralon. Bagian bawahnya diberi lubang, hal ini penting dilakukan untuk menjaga drainase taman vertikal paralon yang anda buat. Jangan lupa untuk memberi penutup  pada kedua ujung media taman vertikal paralon itu agar tanah dan pupuk tidak tumpah.


foto: instructables.com
Lakukan hal ini sesuai dengan berapa banyak taman vertikal paralon yang akan Anda buat, lalu hubungkan dengan kayu sehingga menjadi satu kesatuan. Letakkan taman vertikal paralon yang Anda buat sendiri di tempat yang tepat. Idealnya taman vertikal paralon harus berada di tempat dimana tanaman taman vertikal-nya terkena sinar matahari, dan taman vertikal-nya juga terlindung dari angin kencang. Jika Anda pengagum keselarasan warna, Anda perlu mengecat bagian luar taman vertikal paralon-nya hingga tampak sama dengan cat tembok rumah Anda.


Langkah terakhir adalah dengan menambahkan tanah, pupuk, dan bibit. Pilihlah tanah yang sesuai dengan bibit tanaman hias dinding, dan tidak perlu mengisi paralon dengan tanah sampai penuh. Siramlah dengan air dan rawatlah taman vertikal paralon  seperti merawat anak sendiri, lalu nikmati taman yang Anda buat sendiri. 

3. Taman Vertikal dari Botol Bekas

Manfaatkan botol-botol plastik bekas sebagai alternatif cerdas membuat taman vertikal murah pot dalam mewujudkan taman vertikal dari botol bekas. Buatlah lubang pada bagian samping botol, dan gantung botol jadi deh.

foto  taman vertikal dari botol bekas 1
Lihat Video cara membuat taman vertikal dari botol bekas  di sini.

botol minuman bekas sebagai pot taman vertikal murah

Masih banyak ide lain untuk menciptakan taman vertikal sederhana atau taman vertikal murah, dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Bahkan banyak di antaranya yang memanfaatkan taman vertikal dari barang bekas.

Ada dua jenis penanaman Taman vertikal Indonesia  atau  Vertical Garden yaitu :

1. GREEN FACADES VERTIKAL GARDEN :  Adalah Sistem Taman Vertikal  atau Vertikal Garden  dengan penggunaan jenis tanaman merambat dinding  yang ditujukan untuk menutupi struktur tertentu adalah fungsi  dari tanaman merambat dinding.

2. LIVING WALL / BIO WALL VERTIKAL GARDEN  :  Adalah system media tanam taman vertitikal atau vertical garden yang memberikan media tanam pada tanaman hias dinding yang akan dipakai sebagai media tanam taman vertikal indoor maupun taman vertikal indoor.

Beberapa Media Untuk  Model Taman Vertikal.

1. Media taman vertikal pada taman vertikal di Indonesia atau taman vertikal garden umumnya bukan media tanah melainkan   dengan bahan yang menyerupai karpet kain yang dibiasanya digunakan untuk meredam suara di studio musik. Media taman vertikal  pada taman vertikal Indonesia dahulu sabut kelapa dapat digunakan sebagai media taman vertikal untuk jenis taman vertikal anggrek. Taman vertikal Indonesia menggunakan sabut kelapa murah dan efektif selain dari itu sabuk kelapa dapat menyerap air  dan tahan cukup lama. Namun sampai saat ini media taman pada sabut kelapa belum pernah digunakan sebagai media taman vertikal  pada taman vertikal garden pada umumnya. Arang juga sering digunakan sebagai media taman vertikal untuk taman vertikal anggrek sebagai media taman dalam dalam pot yang digantung secara vertikal atau disusun secara horizontal untuk taman vertikal anggrek    

2. Media taman vertikal di Indonesia atau taman vertikal garden disebut Rockbull yaitu bahan berbentuk lembaran yang bersifat menyerap air dengan ketebalan sekitar 7 centimenter.

3. Genting dan Ijuk pun dapat di gunakan sebagai media tanaman vertikal pada taman vertikal di Indonesia atau vertical garden. Untuk genting caranya pun sangat mudah anda hanya perlu menaruh di posisi dengan kemiringan 45.derajat, kemudian kita bisa mengisi ruang dalam genting  dengan sekam, pupuk dan tanaman hias vertikal. Genting pada taman vertikal sederhana atau vertikal garden genting yang digunakan untuk model taman vertikal  tipe genting berbentuk V atau genting yang biasa digunakan bagian dari sudut paling atas.

4. Memanfaatkan bahan bekas seperti botol plastik air mineral atau minuman 1 liter juga dapat dimanfaatkan untuk taman vertikal murah atau taman vertikal botol. Botol tersebut adalah cara membuat taman vertikal murah dirumah anda.    Taman vertikal sederhana ini praktis juga menjadi model rak tanaman ditembok untuk tanaman vertikal garden. ini juga suatu cara membuat tanaman vertikal minimalis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan praktis

5. Pipa peralon juga bisa digunakan untuk media taman vertikal atau taman vertikal garden. cara membuat taman vertikal garden dengan pipa peralon sangat mudah anda dapat melubanginya bagian memanjang dengan jarak yang anda dapat sesuaikan sendiri. Lubangi bagian bawah dengan bor agar air dapat keluar.

6. Bambu, Kayupun bisa di jadikan sebagai media tanaman dinding pada taman vertikal sederhana juga. Menjadi pilihan membuat taman vertikal minimalis dirumah. Selain mudah didapat terkadang menjadi bahan yang terlihat tidak terpakai sehingga anda dapat memanfaatkanya sebagai taman vertikal dalam rumah anda. Membuat taman vertikal sendiri  dengan menggantikan model taman vertikal sederhana diatas manambah manis serta asri dan sejuk dengan taman vertikal sederhana.

Tidak semua jenis tanaman hias di dinding dapat ditanam dengan model taman vertikal atau  vertical garden , biasanya jenis tanaman taman dinding atau taman vertikal garden menggunakan tanaman dollar plant, daun sirih belanda,  ficus repens  dan lain lain contoh tanaman hias merambat dinding tersebut yang biasa dipakai pada  model  taman vertikal  atau vertikal garden atau tanam dinding . Tanaman jenis ini di gunakan dalam  taman vertikal  garden atau model taman vertikal outdoor dikarenakan dapat di tanam merambat di dinding  keatas kesamping dan kebawah.



Sedangkan tanaman taman vertikal seperti lainya sering dipakai untuk vertikal garden model taman vertikal yang biasa disebut Living  Wall karena tanaman dinding dalam rumah  tersebut cocok untuk model taman vertikal indoor atau taman vertikal garden dalam ruangan disebabkan bobot tanaman yang tidak terlalu berat dan tumbuhnya tidak terlalu tinggi. Pohon atau tanaman berdaun merah, bergaris, kuping gajah, tanduk rusa,lili paris,criptanthus,sirih merah, kucai. Jika anda ingin membuat taman vertikal di rumah atau taman vertikal garden sendiri anda dapat memulai dari taman vertikal  sederhana atau  taman vertikal garden yang paling minimalis yang menekan biaya menjadi  murah dan gampang dengan memanfaatkan barang barang bekas dirumah. Semuannya tergantung dari anda intinya taman vertikal sederhana atau taman vertikal garden juga dapat menggunakan ruang sempit  kosong,  Taman vertikal di rumah sebagai dasar pemberajaran membuat taman vertikal anda sehingga dapat mengurangi hawa panas dirumah anda dan terlihat asri sejuk dan nyaman  selamat mencobanya.


Untuk Jasa Taman Vertikal serta Penjualan taman vertikal dari  Konsultan Profesional silahkan hubungi alamat dan telepon  diatas untuk konsultasi gratis via email, atau Whatsapp. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar