Senin, 21 Desember 2015

HARDIRKAN TAMAN VERTIKAL MURAH DI RUMAH ANDA

MEMBUAT TAMAN VERTIKAL DENGAN POT DI DINDING .




Cara membuat taman vertikal murah sangat sederhana sekali dan bisa menggunakan bahan dari kayu, besi atau metal dan pada umumnya dibuat di luar ruang atau eksterior. Yang perlu diperhatikan ketika membuat taman vertikal dirumah adalah  jenis  konstruksi dari kayu dan besi atau metal tersebut harus benar-benar kuat sebab beban yang mesti disangga  lumayan juga cukup lebih berat.

 Jasa pembuatan website murah


MODEL Taman Vertikal murah dirumah  bisa didesain model taman vertikal-nya agar lebih ramah lingkungan meski dengan keterbatasan lahan. Cara menyiasatinya  dengan mengikuti model taman vertikal murah , dengan mengaplikasikan model taman vertikal di rumah. Taman vertikal murah atau sederhana  adalah taman yang teknik penanaman dibuat secara vertikal, ke atas atau ke bawah. Penempatan taman vertikalpun tidak selalu harus  tanaman menempel dinding, tetapi bisa dilakukan pada tiang, gerbang, atau sesuatu yang berbentuk tegak.





Tingkat kemiringannya tidak ada patokan khusus, selama masih terlihat taman vertikalnya. Model   taman vertikal murah dirumah ini memang paling digemari para pecinta model taman vertikal di pada umumnya  karena tidak perlu lahan yang luas.

Kelebihan lainnya model taman vertikal murah dirumah, Model taman vertikal ini bertujuan adanya pergantian udara dalam meningkatkan kualitas udara dalam rumah serta mengurangi tingkat polusi udara serta  mengurangi penggunaan AC.

Tentu saja didukung dengan memilih jenis tanaman hias vertikal yang tepat. Misalnya tanaman jenis yang dapat mengusir nyamuk dapat anda gunakan sebagai salah satu dari beberapa pilihan tanaman model taman vertikal murah di rumah anda, Tanaman setiap malamnya pasti mengeluarkan CO2 sehingga jika ditempatkan pada ruangan yang tidak terkena cahaya matahari malah tidak baik bagi si penghuni rumah oleh sebab itu   tanaman taman vertikal apabila di letakan secara vertikal di tempat yang tidak terkena matahari usahakan taman vertikal dirumah  terkena lampu sinar lampu.



Sebaiknya letakkan tanaman taman vertikal di area yang masih bersentuhan dengan area luar. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah media tanam vertikalmya. Evry mengungkapkan, media tanaman vertikal  yang baik untuk model  taman vertikal minimalis  menggunakan campuran sekam dan tanah sebagai media tanaman vertikal  agar  beratnya relatif menjadi  lebih ringan. 

“Saat ini media tanam vertikal sudah banyak dijual di toko tanaman sehingga lebih memudahkan si pemilik rumah membelinya,” katanya. 

Hal lain yang harus diperhatikan saat membuat model taman vertikal minimalis atau taman vertikal sederhana  adalah jenis tanaman yang dipakai mesti disesuaikan dengan konsepnya. Artinya, letak dari   taman vertikal tersebut, apakah untuk taman vertikal indoor atau taman vertikal outdoor .





Jika taman vertikal indoor, tentu karakter tanaman hias vertikal yang dipilih adalah jenis tanaman vertikal yang tahan lama meski tidak mendapatkan banyak cahaya matahari secara maksimal. Namun tanaman vertikal  jenis  ini biasanya butuh volume air cukup banyak.



Menurut Evry, untuk Model taman vertikal di luar ruangan, yakni pilih tanaman merambat dinding, baik merambat ke atas atau menjuntai ke bawah. “Kalaupun ingin menggunakan tanaman yang tidak merambat, bisa juga menggunakan tanaman  pot dinding yang disusun secara vertikal,
” ujar Evry.



Hal lainnya, yaitu rangka untuk menempatkan taman vertikal harus kuat. Untuk rangka pendukung, menurut  Evry, ada beberapa tipe, bergantung pada desain taman vertikalnya.

“Bisa terbuat dari besi, baja, dan kayu. Saat ini malah banyak  juga yang menjual  media taman vertikal baik berupa rangka pendukung dalam bentuk sudah jadi per modul. Jadi, si pemilik rumah tinggal memasangnya saja,” tambahnya.


Namun, harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan model taman vertikal biasa. Jadi, saran Evry, sebaiknya untuk skala rumah mungkin lebih baik taman vertikal dibuat sendiri dengan rangka yang  disesuaikan  tempat dimana taman vertikal tersebut diletakkan. Sementara, penghuni yang menggunakan pot untuk model taman vertikalnya, bisa menggunakan pot yang terbuat dari plastik atau PVC, bergantung pada desain dan bentuk taman vertikalnya.


Selain itu model taman vertikal murah dirumah   ini sebaiknya tidak dibuat dalam ukuran yang terlalu tinggi sebab sistem untuk penyiramannya dikerjakan secara manual menggunakan selang atau gayung. Pembuatan tempat yang dipakai untuk menaruh    tanaman pot dinding   harus diberi jarak yang cukup agar saat sudah tumbuh tanaman hias vertikal tersebut tetap terlihat rapi dan mudah ditata serta tidak menimbulkan kesan berantakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar